Halaltoday.id, Jakarta- Berbicara daging segar, tentu bayangan kita adalah beragam produk turunannya seperti sosis, nugget, dan produk olahan lainnya.
Saat ini, kebutuhan untuk varian produk di atas mengalami peningkatan permintaan. Produsen pun terus menghasilkan produk-produknya dan berusaha memastikan bahwa produk-produk ini sesuai dengan standar halal.
Sebagai salah satu perusahaan produsen makanan terbesar di Indonesia, Charoen Pokphand termasuk perusahaan yang memiliki komitmen terdepan dalam menjaga kualitas halal aneka produknya.
Terlebih dengan melihat pada begitu besarnya potensi pasar produk halal di Indonesia maupun global, Irvan Yoga Permana, R&D Manager & Regulatory Halal PT Charoen Popkhand Indonesia Tbk menyatakan bahwa potensi pasar produk halal di Indonesia dan global sangat besar dan terus berkembang.
“Seiring dengan meningkatnya populasi Muslim dan kesadaran akan pentingnya produk halal, maka halal akan terus bertumbuh” ujarnya.
Ia melanjutkan saat ini konsumen semakin menginginkan transparansi dalam rantai pasokan. Kemudian dukungan pemerintah dan investasi internasional juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan industri halal ini.
Irvan melanjutkan jika perusahaan dengan sangat serius memanfaatkan halal di Perusahaan melalui mengimplementasikan sertifikasi halal bahkan dari sebelum terbitnya undang-undang jaminan produk halal.
Dengan adanya sertifikat halal, Charoen Pokphand mampu meyakinkan konsumen baik di dalam dan di luar negeri bahwa produk-prpduknya tidak hanya memenuhi aspek keamanan pangan tetapi juga jaminan kehalalan produk.
Semua Produk Telah Halal
Resmi mendapatkan sertifikasi halal sejak tahun 2000, Charoen Pokphand sudah mulai mendaftarkan produk untuk sertifikasi halal. Termasuk untuk peralihan sertifikasi halal MUI ke BPJPH perusahaan juga sudah mengikutinya sejak regulasi berlaku.
Hingga saat ini terdapat sekitar 1500 produk yang telah mendapatkan sertifikat halal.
Kategori produk yang didaftarkan pun bervariasi. Di antaranya: Jasa penyembelihan → non marinasi, Bakery ingredient→ tepung roti, Pangan siap saji→ ready to meal, Daging dan produk olahan daging→ nugget, sosis, Garam, rempah, sup, saus, salad, serta produk protein→ tepung bater.
Lalu ada lada putih, Serealia dan produk serealia yang merupakan produk turunan dari biji serealia, akar dan umbi, kacang-kacangan dan empulur dengan pengolahan dan penambahan bahan tambahan pangan →ramen, Buah dan sayur dengan pengolahan dan penambahan bahan tambahan pangan→ French fries, Minuman dengan pengolahan →AMDK frozen, Fontana dan Kemasan produk.
Adapun untuk brand under charoen pokphand Indonesia antara lain Golden Fiesta, Fiesta, Champ, Asimo, Akumo, Okey, CP Brand, KTI, Yamiku. Di bidang beverage terdapat brand frozen dan Fontana.
Bagi perusahaan sebesar Charoen Pokphand, halal telah menjadi strategi dalam pengembangan bisnis perusahaan.
Irvan meyakinkan jika, halal telah menjadi bagian penting dari strategi pengembangan bisnis perusahaan.
Perusahaan terus memastikan pemahaman yang mendalam tentang regulasi halal, memperbarui sertifikasi, menerapkan prosedur internal yang ketat, melatih karyawan, dan memastikan komunikasi yang transparan dengan konsumen.
“Dengan persiapan yang matang dan manajemen risiko yang baik, perusahaan dapat memenuhi kewajiban halal secara efektif dan memastikan kepatuhan yang berkelanjutan,” tegasnya.