Halaltoday.id, Jakarta– Lion Parcel (PT Lion Express), perusahaan logistik resmi memperoleh sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) setelah melalui proses audit dari LPPOM MUI.
Sertifikasi ini mencakup layanan pengiriman serta lini bisnis fulfilment milik Lion Parcel yaitu LILO by Lion Parcel.
Victor Ary Subekti, Chief Compliance and Network Officer Lion Parcel, menjelaskan perolehan sertifikat halal Lion Parcel dan LILO by Lion Parcel merupakan komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan logistik yang tidak hanya cepat dan terjangkau, tetapi juga sesuai dengan prinsip halal yang terpercaya bagi masyarakat muslim di Indonesia.
Baca juga : Kantongi Sertifikat Halal, BHS dan ATLAS Jadi Pelopor Sarung Halal Indonesia
Dengan sertifikasi ini, Lion Parcel turut mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan ekosistem halal nasional yang terintegrasi melalui layanan logistik yang sesuai syariah.
“Perusahaan logistik seperti Lion Parcel memegang peranan penting dalam mendukung proses penyimpanan dan distribusi produk agar tetap terjaga kehalalannya,” ujarnya seperti dikutip pada Rabu (23/7/2025).
Pada implementasinya, Lion Parcel menjalankan prosedur halal logistik secara menyeluruh, dari proses identifikasi barang non-halal oleh mitra agen yang pertama kali menerima paket.
Barang non-halal secara ketat akan diawasi sesuai SOP Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH), baik dalam penanganan, penyimpanan, hingga proses distribusi guna memastikan tidak terjadi kontaminasi silang dengan barang lain.
Dengan alur kerja yang terstandarisasi ini, Lion Parcel menjaga integritas layanan halal dari hulu hingga hilir, sesuai dengan prinsip SJPH.
Screaning Produk Halal
Sementara pada layanan fulfilment LILO by Lion Parcel, implementasi halal logistik melalui sistem pemisahan yang ketat antara produk halal dan non-halal.
Dari tahap awal identifikasi produk non-halal dari partner brand yang bekerja sama, kemudian pemisahan penyimpanan melalui sistem racking terpisah, serta treatment operasional yang berbeda sesuai standar halal SJPH.
Dengan prosedur ini, LILO by Lion Parcel memastikan setiap produk tetap terjaga kehalalannya selama berada di dalam sistem pemenuhan pesanan, mulai dari penerimaan, penyimpanan, hingga proses pengemasan dan pengiriman.
Untuk memastikan implementasi halal logistik berjalan dengan optimal, Lion Parcel akan secara bertahap melakukan sosialisasi kepada pelanggan dan seluruh mitra yang terlibat dalam proses operasional.
“Kami juga akan memastikan pelatihan internal, penyempurnaan SOP operasional, serta identifikasi yang lebih jelas pada rantai pengiriman halal terus berjalan,” papar Victor.
Perolehan sertifikat halal ini merupakan wujud komitmen Lion Parcel dalam mendukung keberlanjutan bisnis para brand, termasuk pelaku UMKM, khususnya di sektor makanan, obat-obatan, dan kosmetik.
Melalui layanan logistik yang telah tersertifikasi halal, Lion Parcel membantu memastikan produk mereka tetap terjaga kehalalannya hingga sampai ke tangan konsumen.
Hal ini menjadi bagian penting dalam menjaga kepercayaan pelanggan terhadap kualitas dan integritas produk.
Dengan jaringan kirim paket yang telah menjangkau lebih dari 98% wilayah di Indonesia serta 50+ negara internasional, Lion Parcel memastikan layanan halal ini aman bagi pelanggan di berbagai daerah, termasuk para pelaku usaha di wilayah terpencil.
Infrastruktur yang luas ini memperkuat posisi Lion Parcel sebagai partner logistik yang andal dalam mendukung produk-produk halal buatan brand lokal maupun UMKM agar tetap terjaga kehalalannya sepanjang rantai distribusi, hingga ke tangan konsumen di dalam maupun luar negeri.